Sejarah Hidayatullah Palangka Raya

Di akhir Tahun 1995, Ust. Anwar Timumun, Kader Hidayatullah yang pernah tugas di Samarinda, mencoba merintis Dakwah baru di Bumi Tambun Bungai Kota Palangka Raya. Berbekal keyakinan dan semangat, Pak Anwar (sapaan beliau) bersama 2 orang sahabatnya menemui famili mereka di Jl. Nyai Undang, Kota Palangka Raya.

Anwar dkk menjelaskan maksud kedatangan mereka dan Pak Rumsyah Bagan langsung meresponnya. Mengawali Dakwah Anwar di Palangka Raya ia gencar silaturahim dengan masyarakat dan pejabat Pemerintah Kota.

Berawal dari menyewa Barak di Jl. RTA Milono sebagai wadah penampungan para santri dan Alhamdulillah respon masyarakat dan Pemerintah sangat besar, mengingat lembaga dakwah seperti Pondok Pesantren atau Panti Asuhan masih sangat minim saat itu.

Seiring berjalannya waktu tepatnya di akhir Tahun 1998 ketika kampus Hidayatullah pindah dari Jl. RTA Milono ke Jl. Danau Rangas, memanfaatkan tanah Wakaf yang diberikan oleh (Alm) Bapak Rochana Zulki, SH, di saat itu pula pak Anwar diberi amanah baru untuk membuka Pondok Pesantren Hidayatullah di Kabupaten Kotawaringin Barat Pangkalanbun. Estafeta kepemimpinan Pondok Pesantren Hidayatullah Palangka Raya hingga Bulan Desember 2017 di pegang oleh Almarhum Ust. MUHAMMAD ROBI’IN yang sebelumnya beliau cukup lama bertugas di tanah Papua.

AlhamdulillahAlm. Ust Robi’in memimpin pondok pesantren Hidayatullah ini hingga akhir hayat Beliau tepat di akhir tahun 2017. Semoga Allah SWT memberikan Rahmat-Nya kepada Ust Robi’in.

Kemudian estafet kepemimpinan dipegang Ust. Muhammad Yunus Assegaf untuk beberapa bulan dan kemudian dipegang oleh Ust Huzaifah S.Sos hingga kini.

Dakwah Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Palangka Raya diawali dengan penjualan Majalah Hidayatullah dan Dakwah ‘Asyiroh atau mengajar mengaji di tiap rumah. Dan kini, di areal Tanah seluas 2 H2  telah berdiri sarana dan prasarana penunjang Yayasan antara lain :  Masjid, Kantor, Asrama Santri, Gedung Sekolah dan Rumah Pengasuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *